5 Kuliner Khas Sumenep yang lezat

M2M Indonesian Fast Food - Kabupaten Sumenep terkenal punya beragam wisata pantai. Melansir idntimes.com, Tak cuma itu, kabupaten di ujung timur Pulau Madura ini juga punya aneka kuliner yang khas.Kalau berwisata ke Sumenep, kurang lengkap kalau tidak mencoba kulinernya. 
Makanan khas Sumenep punya cita rasa autentik dan sayang untuk dilewatkan. Terutama kuah kentalnya yang nendang abis. Penasaran apa saja kuliner khas Sumenep yang rasanya luar biasa lezat? Yuk, simak di bawah ini. Harus kamu cicipi kalau mampir ke Sumenep!
1. Campor
Makanan yang satu ini sebenarnya gak beda jauh dengan soto. Bedanya, Campor punya kuah santan yang gurih. Campor biasanya disajikan bersama bumbu kacang yang dihaluskan dengan petis khas Madura, lombok dan garam di atasnya, ditambah taburan soun dan tulang rawan sapi atau daging.
Karena kelezatan dan gurih kuah kentalnya, campor selalu menjadi kuliner favorit para wisatawan. Harganya juga sangat murah. Satu porsi campor dibanderol dengan harga Rp10.000 saja. Jika ingin merasakan kelezatan dari campor, kamu bisa datang ke warung campor yang ada di setiap sudut kota Sumenep.
2. Soto babat
Soto Sumenep berbeda dengan Soto Madura kebanyakan. Soto Sumenep punya tekstur kuah yang lebih kental dan berwarna kecokelatan. Dihidangkan bersama potongan lontong, so'un, singkong rebus, taoge goreng dan potongan babat, sumsum dan usus.
Rasanya semakin nikmat dan gurih karena siraman saus bumbu kacang di atasnya yang terbuat kacang tanah goreng, petis ikan Sumenep, garam, cuka aren, dan lombok rawit sesuai selera. Perasan jeruk nipis dan kecap akan menambah kelezatan dari soto Sumenep ini. Gurih, asam, dan pedas menyatu dalam mulut, sungguh nikmat.
3. Kaldu kokot
Ini dia ikon Sumenep. Kaldu Kokot. Makanan yang satu ini biasa diburu wisatawan yang sedang pelesir ke Sumenep. Kaldu kokot adalah sup kaldu lemak sapi dicampur kacang hijau dan kokot (kikil sapi) sebagai lauk utamanya. Kuliner asli khas Sumenep ini memiliki cita rasa begitu unik dan autentik.
Rasa kuah kaldunya begitu gurih dan nikmat bikin siapa pun ketagihan. Kaldu kokot ini biasanya disajikan dengan lontong atau nasi. Kelezatannya semakin bertambah dengan siraman perasan jeruk nipis dan kecap. Warung kaldu kokot sangat mudah dijumpai di Sumenep sehingga tidak sulit menemukan warung kaldu kokot jika ingin mencicipinya.
4. Cake
Sumenep punya kuliner cake yang khas. Sekilas, tampilannya seperti capcay. Tapi jika kamu cicipi, kuah cake ini berbahan baku rempah-rempah yang dicampur dengan santan. Kalau ada pesta pernikahan di Sumenep, biasanya hidangan ini selalu disajikan.
Isian cake terdiri dari sayuran lengkap dan lauk jeroan, seperti irisan kentang goreng sebagai keripik, cakue udang, kacang polong, sawi putih, brokoli, wortel, seledri, irisan ayam kampung dan jeroan yang dipotong berbentuk dadu. Semua bahan tersebut disiram dengan kuah santan dengan rasa yang gurih.
5. Apen
Apen juga merupakan kuliner khas Sumenep. Dari tampilannya, kue ini mirip serabi. Hanya saja bahannya terbuat dari tepung beras, sedangkan serabi berbahan baku tepung terigu dengan campuran parutan kelapa.
Kue apen disajikan bersama saus gula merah yang diolah dengan santan kental dan daun pandan. Gurih manisnya yang pas membuat siapa pun akan ketagihan. Warung jajanan apen ini banyak dan sangat mudah ditemui di desa Parsanga Sumenep. Harganya pun juga sangat murah yaitu Rp5.000,- saja untuk lima apen per porsi.
Itu dia kelima kuliner lezat khas Sumenep yang wajib kamu cicipi dan siap bikin kamu ketagihan. dana jangan lupa mampir juga ke M2M Sumenep di Jl. Trinojoyo No.275 Kedungan Batuan Sumenep

JANGAN LEWATKAN ARTIKEL TERBARU M2M

0 Response to "5 Kuliner Khas Sumenep yang lezat"

Post a Comment